Lurah tutup Praktek Komunitas Stikes Wiramedika

  • 27 Januari 2014
  • Oleh: peguyangan
  • Dibaca: 2682 Pengunjung

Waktu berjalan begitu cepat. Tidak terasa 6 minggu sudah mahasiswa STIKes Wira Medika PPNI Bali melaksanakan praktik profesi keperawatan komunitas dan keluarga di Lingkungan Pemalukan Kelurahan Peguyangan. Dalam waktu yang ditentukan mahasiswa telah melakukan berbagai kegiatan dengan tujuan meningkatkan kesehatan masyarakat khususnya masyarakat Lingkungan Pemalukan dan kini harus diakhiri karena mahasiswa akan melaksanakan praktik pada dibidang keperawatan lain pada tempat yang berbeda.

Praktik keperawatan komunitas dan keluarga diawali dengan mengadakan Pertemuan Tingkat Desa yaitu pertemuan tokoh masyarakat di lingkungan tempat diadakannya praktik keperawatan komunitas dengan tujuan penyampaian tujuan praktik keperawatan komunitas dan penyerahan mahasiswa dari institusi kepada tokoh masyarakat setempat. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan melakukan Survey Mawas Diri (SMD) dengan menyebar kuisioner, lembar wawancara, lembar observasi guna mengkaji keaadaan komunitas atau masyarakat dan menemukan data-data yang bermasalah. Data-data yang bermasalah ini kemudian dianalisa dan dirumuskan diagnosa beserta menyusun intervensi. Penentuan rencana tersebut dilakukan bersama-sama dengan masyarakat dalam acara Musyawarah Masyarakat Desa (MMD).

Tanggal dan waktu pelaksanaan ditentukan oleh masyarakat dan disesuaikan dengan kondisi dan keadaan lingkungan setempat dengan tujuan kegiatan yang telah direncanakan tidak membebani masyarakat dan mengganggu aktivitas normal sehingga diharapkan sebagian besar masyarakat di daerah praktik dapat berpartisipasi dan pelaksanaan tindakan keperawatan pun menjadi tepat sasaran dan tepat guna. Dalam setiap kegiatan mahasiswaberusaha untuk memberdayakan sumber-sumber daya yang ada pada komunitas atau masyarakat setempat baik sumber daya manusia seperti kader-kader yang telah terbentuk sebelumnya ataupun sumber daya lingkungan. Sehingga masyarakat merasakan bahwa kegiatan yang dilakukan adalah dari, oleh dan untuk mereka dengan harapan kedepannya nanti masyarakat dapat mandiri dalam mengenal masalah kesehatannya dan menentukan keputusan serta tindakan untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut yang pada akhirnya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat menuju derajat kesehatan optimal.

Secara garis besar seluruh kegiatan yang direncanakan berjalan lancar sesuai dengan rencana karena waktu pelaksanaan kegiatan sebelumnya telah disesuaikan dengan kegiatan dan aktivitas masyarakat sehingga kegiatan yang dilaksanakan tidak membebani aktivitas masyarakat Lingkungan Pemalukan. Tetapi kami tidak memungkiri bahwa perbedaan waktu senggang dan kesibukan aktivitas sehari-hari merupakan kendala yang tidak mungkin bisa dimodifikasi dalam pelaksanaan kegiatan. Sehingga kami mengharapkan agar partisipasi warga kedepannya lebih aktif lagi sehubungan dengan seluruh kegiatan yang dilaksanakan adalah utnuk meningkatkan kesehatan masyarakat sendiri dengan harapan dapat mengurangi angka kesakitan dari masyarakat.

Pada setiap akhir kegiatan selalu dilakukan evaluasi oleh mahasiswa yang berupa evaluasi struktur dan persiapan, evaluasi proses pelaksanaan kegiatan dan evaluasi hasil kegiatan serta dibuat kesimpulan dari kegiatan yang telah dilakukan. Dari hasil kesimpulan ini dapat dirumuskan Rencana Tindak Lanjut (RTL) baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek dari kegiatan yang telah terlaksanakan maupun belum terlaksanakan. Dirumuskan juga kesan dan saran kepada masyarakat setempat dan Puskesmas yang bersangkutan. Penyampaian hasil evaluasi dan Rencana Tindak Lanjut (RTL) dilakukan dalam acara penutupan praktik profesi keperawatan komunitas dengan tujuan, Puskesmas, tokoh-tokoh masyarakat lingkungan tempat praktik beserta masyarakat mengetahui hasil dari kegiatan yang telah dilaksanakan dan melaksanakan Rencana Tindak Lanjut dengan mandiri. Selain itu acara penutupan praktik profesi keperawatan komunitas dilakukan untuk berpamitan dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Puskesmas, tokoh masyarakat dan masyarakat yang telah sangat banyak membantu kegiatan mahasiswa sehingga mahasiswa dapat meninggalkan kesan yang baik kepada masyarakat tempat praktik.

Tentunya tidak lupa kami mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh komponen masyarakat Lingkungan Pemalukan khususnya Bapak Camat dan staff kecamatan, Bapak Lurah dan staff kelurahan, Bapak Kepala Lingkungan, Bapak Kelian Adat, para kader posyandu balita dan lansia serta masyarakat yang tidak dapat disebutkan satu persatu karena atas dukungannya dan partisipasi aktif masyarakat Lingkungan Pemalukan seluruh rencana kegiatan mahasiswa dapat terlaksana tanpa ada satupun yang tidak terlaksana.

Kami mohon maaf yang sebesar-besarnya jika selama kami berada di Lingkungan Pemalukan kami pernah melakukan kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih banyak kepada seluruh komponen masyarakat karena telah memberikan kami kesempatan untuk menerapkan ilmu yang telah kami dapatkan sebelumnya langsung kepada masyarakat. Kami banyak mendapatkan pelajaran-pelajaran berharga lain khususnya tentang teknik berkomunikasi dan bekerjasama dengan masyarakat yang tentunya tidak akan kami dapatkan jika hanya duduk di bangku kuliah. Besar harapan kami semoga kehadiran mahasiswa di Lingkungan Pemalukan dapat memberikan kesan yang berarti dan dapat mengubah perilaku kesehatan masyarakat Lingkungan Pemalukan ke arah yang lebih baik guna mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.


  • 27 Januari 2014
  • Oleh: peguyangan
  • Dibaca: 2682 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Anak Agung Gede Agung Dharma Putra,SIP.,MAP

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Kelurahan Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara, bermanfaat bagi Anda?