POSYANDU LANSIA DAN PENGOBATAN GRATIS UNTUK LANSIA LINGKUNGAN PEMALUKAN

  • 20 Januari 2014
  • Oleh: peguyangan
  • Dibaca: 4049 Pengunjung

Pembinaan kesehatan lansia merupakan salah satu kegiatan yang harus terus digalakkan untuk mewujudkan lansia sejahtera, bahagia dan berdaya guna bagi kehidupan keluarga dan masyarakat sekitarnya. Hal ini merupakan salah satu upaya menghadapi peningkatan status dan derajat kesehatan rakyat Indonesia yang memberikan dampak pada meningkatnya usia harapan hidup bangsa.

Undang-undang Kesehatan nomor 36 tahun 2009 menyebutkan bahwa upaya untuk meningkatkan dan memelihara kesehatan masyarakat termasuk lanjut usia dilaksanakan berdasarkan prinsip non diskriminatif, parsipatif dan berkelanjutan. Setiap upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat merupakan investasi bagi pembangunan Negara. Prinsip non diskriminatif mengandung makna bahwa semua masyarakat harus mendapatkan pelayanan kesehatan termasuk lanjut usia (lansia).

Dari hasil survai mawas diri (SMD) yang telah dilaksanakan pada tanggal 19 – 23 Desember 2013 di Banjar Pemalukan Kelurahan Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara didapatkan data bahwa dari 1388 orang penduduk di Banjar Pemalukan Kelurahan Peguyangan terdapat lansia sebnyak 125 orang (91%). Dari 125 lansia di Banjar Pemalukan Kelurahan Peguyangan berdasarkan hasil pengkajian ditemukan masalah yaitu 125 orang  (100%) lansia tidak rutin mengikuti posyandu lansia.

Menilik dari hal tersebut, warga Banjar Pemalukan Kelurahan Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara Kota Denpasar difasilitasi oleh Puskesmas III Denpasar Utara dan mahasiswa Praktik Profesi Keperawatan Komunitas STIKes Wira Medika PPNI Bali akan melaksanakan posyandu lansia.

Kegiatan ini dilaksnakan pada hari Jumat, 17 Januari 2104 dimulai pukul 08.00 WITA. Kegiatan diawali dengan melaksanakan senam lansia yang dipimpin oleh para kader posyandu lansia yang telah terbentuk sebelumnya. Kemudian dilanjutkan dengan posyandu lansia dengan menerapkan sistem lima meja dimana meja 1 merupakan meja pendaftaran dimana lansia yang sebelumnya sudah mendaftar dan mendapat nomor anteran dipanggil sesuai urutan untuk diperiksa kembali kelengkapan identitas meliputi fotokopi KTP ataupun kartu KK. Meja 2 merupakan meja pengukuran meliputi pengukuran TB menggunakan rumus khusus untuk lansia yaitu rumus tinggi lutut, BB, tekanan darah, kadar gula darah dan kadar asam urat. Meja 3 merupakan meja pencatatan hasil pengukuran dan pendokumentasian di KMS Lansia sehingga perkembangan kesehatan lansia dapat dipantau melalui KMS ini.  Meja 4 merupakan meja pengobatan dimana pada meja ini mahasiswa mendapat bantuan dari Puskesmas III Denpasara Utara dengan mendatangkan tim dokter, perawat dan apoteker sehingga apabila terdapat lansia yang sakit dapat langsung diberi pengobatan secara gratis. Meja 5 merupakan meja penyuluhan kesehatan dimana pada meja ini lansia dapat berkonsultasi dan berdiskusi tentang masalah kesehatan yang sedang dialami.

Kegiatan posyandu lansia berjalan lancar dengan peserta 55 orang lansia dan Kepala Puskesmas III Denpasar Utara Bapak AA Ngurah Taruma Wijaya, SKM turun langsung untuk memantau jalannya kegiatan. Selain itu beliau berharap agar kegiatan ini dapat diteruskan setiap bulannya. Sebagian besar lansia yang datang ke posyandu lansia mengeluhkan sering sakit kepala, nyeri sendi dan badannya terasa lemas. Setiap keluhan yang dialami lansia sudah diatasi dan diminimalkan dengan pemberian obat-obatan oleh tim kesehatan Puskesmas III Denpasar Utara. Sedangka jika ada lansia yang memerlukan perawatan khusus dan lanjutan sudah segera dirujuk ke Puskesmas dan rumah sakit.

Besar harapan kami agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan agar derajat kesehatan lansia khususnya di lansia di Lingkungan Pemalukan dapat meningkat menuju taraf kesehatan optimal sehingga dapat meningkatkan Usia Harapan Hidup (UHH) karena UHH merupakan salah satu indikator derajat kesehatan pada suatu negara. Peningkatan derajat kesehatan secara nasional ini dapat dimulai dengan tindakan kecil tetapi dapat menjadi pilar yang kuat untuk meningkatkan derajat kesehatan nasional.

 

 


  • 20 Januari 2014
  • Oleh: peguyangan
  • Dibaca: 4049 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Anak Agung Gede Agung Dharma Putra,SIP.,MAP

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Kelurahan Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara, bermanfaat bagi Anda?