POSYANDU BALITA SERTA PENYULUHAN KESEHATAN GIZI SEIMBANG DAN ASI EKSKLUSIF

  • 20 Januari 2014
  • Oleh: peguyangan
  • Dibaca: 27204 Pengunjung

Salah satu tonggak kesehatan ditentukan oleh kesehatan balita sebab sejak awal kehidupan (janin, balita) merupakan modal dasar proses tumbuh kembang selanjutnya. Pertumbuhan dan perkembangan adalah berbeda tetapi saling berkaitan dan sulit untuk dipisahkan. Hal ini berhubungan dengan interaksi genetik dan lingkungan.

Masa balita merupakan masa kritis dalam masa tumbuh kembang anak, karena pertumbuhan dan perkembangan pada masa itu akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada masa berikutnya. Banyak  faktor  yang  mempengaruhi  tumbuh kembang  balita, diantaranyta  adalah faktor  genetik keturunan dan hormonal, baik pre natal  maupun post natal. Stimulasi  yang  dilakukan  secara  terus  menerus  secara  periodik  oleh  ibunya  juga  sangat  mempengaruhi  tingkat perkembangan.

Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bayi/balita yang meliputi pertumbuhan dan perkembangan adalah dengan mengelola dan memanfaatkan Posyandu, karena Posyandu adalah milik masyarakat, dilaksanakan oleh masyarakat dan ditujukan untuk kepentingan umum. Dimana kegiatan tersebut dilaksanakan oleh kader-kader kesehatan yang telah mendapatkan pendidikan dan pelatihan dari Puskesmas mengenai pelayanan kesehatan dasar.

Hasil survey mawas diri (SMD) yang dilakukan di Banjar pemalukan dari tanggal 19 Desember sampai dengan 23 desember 2013 melaporkan jumlah bayi, batita dan balita di banjar pemalukan. Sebanyak 87 bayi dan 29 balita tidak terdaftar di posyandu balita. Di Lingkungan Pemalukan Keluran Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara dilaksanakan Posyandu Bayi/Balita setiap tanggal 14. Kegiatan posyandu bayi/balita ini dilaksanakan secara rutin setiap bulannya oleh 5 kader posyandu bayi/balita. Sistem kerja posyandu yang ada di Banjar Pemalukan tidak  menggunakan sistem 5 meja, karena  hanya terdapat meja pendaftaran, penimbangan dan pencatatan.tidak ada pemeriksaan kesehatan dan penyuluhn kesehatan.

Berdasarkan latar belakang tersebut, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bayi/balita di Lingkungan Pemalukan Desa Peguyangan yang meliputi pemantauan pertumbuhan dan perkembangan, maka kami mengadakan Posyandu Bayi/Balita dengan sistem 5 meja, disertai pengukuran dan pemantauan perkembangan dengan menggunakan DDST. Tujuan dari kegiatan ini secara umum adalah Meningkatkan pelayanan kesehatan bayi/balita di Banjar pemalukan kelurahan peguyangan Kecamatan Denpasar Utara wilayah kerja UPT Puskesmas III Denpasar Utara.

Kegiatan posyandu balita ini dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Januari 2014 yang dimulai pada pukul 09.00 WITA. Kegiatan ini diikuti oleh 44 balita dari Lingkungan Pemalukan. Posyandu Balita menerapkan sistem 5 meja dimana dimana meja 1 merupakan meja pendaftaran dimana balita yang sebelumnya sudah mendaftar dan mendapat nomor anteran dipanggil sesuai urutan untuk diperiksa kembali kelengkapan identitas meliputi fotokopi KTP ataupun kartu KK. Meja 2 merupakan meja pengukuran meliputi pengukuran tinggi badan dan berat badan. Meja 3 merupakan meja pencatatan hasil pengukuran dan pendokumentasian di KMS Balita sehingga perkembangan kesehatan balita dapat dipantau melalui KMS ini.  Meja 4 merupakan meja pengobatan dimana pada meja ini mahasiswa mendapat bantuan dari Puskesmas III Denpasara Utara dengan mendatangkan tim dokter, perawat dan apoteker sehingga apabila terdapat balita yang sakit dapat langsung diberi pengobatan secara gratis. Meja 5 merupakan meja penyuluhan kesehatan dimana pada meja ini orang tua yang memiliki balita dapat berkonsultasi dan berdiskusi tentang masalah kesehatan atauoun tumbuh kembang yang sedang dialami.

Besar harapan kami agar kegiatan ini dapat terus dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan agar derajat kesehatan balita khususnya balita di Lingkungan Pemalukan dapat meningkat menuju taraf kesehatan optimal sehingga dapat menurunkan angka kesakitan dan kematian balita. Angka kematian balita  merupakan salah satu indikator derajat kesehatan pada suatu negara. Peningkatan derajat kesehatan secara nasional ini dapat dimulai dengan tindakan kecil tetapi dapat menjadi pilar yang kuat untuk meningkatkan derajat kesehatan nasional. Selain itu masa balita merupakan masa-masa emas yang sangat berpengaruh terhadap kecerdasan dan kemampuan balita saat dewasa sehingga pemantauan kesehatan saat balita merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan.


  • 20 Januari 2014
  • Oleh: peguyangan
  • Dibaca: 27204 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Anak Agung Gede Agung Dharma Putra,SIP.,MAP

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Kelurahan Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara, bermanfaat bagi Anda?