KERJA BAKTI WARGA LINGKUNGAN PEMALUKAN DAN PENYULUHAN KESEHATAN PENGOLAHAN LIMBAH

  • 15 Januari 2014
  • Oleh: peguyangan
  • Dibaca: 4710 Pengunjung

Kesehatan lingkungan pada hakikatnya adalah suatu kondisi atau keadaan yang optimum sehingga berpengaruh positif terhadap terwujudnya status kesehatan yang optimum pula. Ruang lingkup kesehatan lingkungan antara lain mencakup: perumahan, pembuangan kotoran manusia (tinja), penyediaan air bersih, pembuangan sampah, pembuangan air kotor (limbah) dan sebagainya. Adapun yang dimaksud dengan usaha kesehatan lingkungan adalah suatu usaha untuk memperbaiki atau mengoptimumkan lingkungan hidup manusia agar merupakan media yang baik untuk terwujudnya kesehatan yang optimum bagi manusia yang hidup di dalamnya (Notoadmodjo, 2003).

Faktor lingkungan (fisik, biologi dan sosiokultural) mempunyai kaitan yang erat dengan faktor perilaku misalnya kebiasaan atau perilaku dalam menggunakan air bersih, membuang air besar serta membuang sampah di sembarang tempat termasuk pembuangan limbah (Depkes RI, 2003). Lingkungan yang bersih memberikan dampak yang positif bagi kita semua. Yaitu, memberikan kenyamanan, dan menghindarkan dari berbagai penyakit.

Berdasarkan hasil pengkajian praktik profesi komunitas di Banjar Pemalukan Kelurahan Peguyangan, yang dilakukan pada tanggal 19 – 22 Desember 2013, didapatkan data bahwa di Banjar Pemalukan Kelurahan Peguyangan terdapat 294 KK. Dari 294 KK sebanyak 263 KK (89%) tidak melakukan pemisahan sampah organic dan non-organic, 166 KK (56%) memiliki kandang hewan ternak/hewan peliharaan, 20 KK (12%) memiliki kandang yang tidak bersih dan 100 KK (60%) memiliki jarak kandang <10 meter dari rumah, 44 KK (15%) memiliki selokan yang tidak bersih dan 28 KK (10%) memiliki selokan yang tidak lancar, 26 KK (9%) terdapat barang bekas tempat genangan air di lingkungan rumah dan terdapat 22 rumah KK (7%) yang ada jentik nyamuk dan keberadaan jentik nyamuk di luar rumah 14 KK (64%) dan 8 KK (36%) keberadaan jentik nyamuk  di dalam rumah, 2 KK (1%) sampah dibiarkan begitu saja di lingkungan rumah. Dari data tersebut, setelah dilakukan analisis data, dapat ditemukan permasalahan keperawatan komunitas yaitu ketidakefektifan pemeliharaan lingkungan di Lingkungan Pemalukan Kelurahan Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara.

Berdasarkan latar belakang di atas, serta hasil kesepakatan antara mahasiswa praktik keperawatan komunitas STIKes Wira Medika PPNI Bali dengan Kepala Dusun Banjar Pemalukan Kelurahan Peguyangan dan pihak Puskesmas III Denpasar Utara, maka dirasa perlu untuk mengadakan kerja bakti bersama seluruh warga lingkungan Pemalukan dan penyuluhan tentang kesehatan lingkungan terutama tentang pengolahan sampah sehingga dapat meningkatkan status kesehatan masyarakat terutama di wilayah Banjar Pemalukan Kelurahan Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara Denpasar.

Kegiatan kerja bhakti dan penyuluhan kesehatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 12 Januari 2014 yang diikuti oleh ± 125 kepala keluarga ataupu yang mewakili. Dengan koordinasi dari Kelian Adat Lingkungan Pemalukan kegiatan dapat berjalan lancar dimulai dari pukul 06.00 WITA sampai pukul 09.00 WITA. Adapun tujuan dari kegiatan kerja bhakti bersama warga dan penyuluhan kesehatan lingkungan tentang pengolahan sampah adalah Setelah dilakukan penyuluhan diharapkan warga Banjar Pemalukan lebih memahami pentingnya menjaga kesehatan lingkungan secara umumnya serta secara khususnya warga Lingkungan Pemalukan dapat memahami tentang cara pengolahan sampah yang benar, cara pengolahan limbah rumah tangga, cara pengolahan barang bekas yang benar dan cara menjaga kebersihan kandang peliharaan.


  • 15 Januari 2014
  • Oleh: peguyangan
  • Dibaca: 4710 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Anak Agung Gede Agung Dharma Putra,SIP.,MAP

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Kelurahan Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara, bermanfaat bagi Anda?