Sayembara Pengumpulan Sampah

  • 09 Januari 2014
  • Oleh: peguyangan
  • Dibaca: 2038 Pengunjung

Berbagai inovasi dilakukan Kelurahan Peguyangan dalam menangani menangani permasalahan sampah yang dihadapi Kota Denpasar saat ini. Setelah membentuk empat bank sampah dan satu depo, kini Kelurahan Peguyangan melakukan terobosan dan inovasi baru dengan melaksanakan lomba pengumpulan sampah un-organik tingkat sekolah SD se-Kelurahan Peguyangan.

“Lomba pengumpulan sampah un-organik untuk anak-anak SD untuk menanamkan kebiasaan hidup bersih sejak dini,” ujar Lurah Peguyangan, Wayan Yusswara, usai melakukan pertemuan dengan seluruh Kepala Sekolah SD yang ada di Kelurahan Peguyangan, Rabu, (8/1) di kantor lurah setempat. Saat ini di kelurahan Peguyangan telah melaksanakan kebersihan secara swaklola. Namun demikian Wayan Yusswara mengaku hal itu belum cukup untuk mewujudkan kebersihan mengingat masih banyak masyarakat tidak mau merubah maindset untuk mewujudkan lingkungan bersih. “Kami sengaja melombahkan pengumpulan sampah tingkat anak-anak SD, dengan harapan mampu memotivasi para orang tuanya untuk turut memilah sampah,” harap Yusswara. Sebelumnya semua SD di wilayah Kelurahan Peguyangan sudah menjadi penabung aktif di bank sampah. Berkaitan dengan HUT Kota Denpasar ke-226 pihaknya lebih meningkatkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan lingkungan bersih salah satunya dengan melakukan lomba pemungutan sampah un-organik tingkat anak SD. Dalam lomba ini diikuti lima SD yaitu SD 1, SD 3, SD 5, SD 10 dan SD 11 se-Kelurahan peguyangan. Setiap SD akan bekerjasama dengan satu bank sampah yang ada di Kelurahan Peguyangan. Mengingat hanya ada empat bank sampah, ada satu bank sampah yang bekerjasama dengan dua SD sekaligus yaitu bank sampah Sarana Gatsu. Dalam penilaian ini akan langsung dilakukan oleh bank sampah itu sendiri yang mana pemenangnya akan dilihat dari jumlah tabungan yang dimiliki oleh setiap SD. Para pemenang lomba ini akan diberikan hadiah sebesar Rp 5 juta untuk juara satu, Rp 4 juta juara dua, Rp 3 juta juara tiga, Rp 2 juta juara harapan satu dan Rp 1 juta harapan dua. Dengan lomba ini Yusswara mengharapkan dapat mewujudkan kelurahan Peguayangan bebas dari sampah baik organik maupun un-organik.

Kepala sekolah SD 10 Peguyangan Putu Wiratni mengaku sangat mendukung progran yang dilaksanakan Lurah Peguyangan. Mengingat semua ini untuk mewujudkan kebersihan yang dimulai dari lingkungan masing-masing. “Selama ini kami telah melakukan pemilahan sampah oleh anak-anak yang dilakukan usai jam sekolah,” ujar Wiratni. Dengan adanya lomba semacam ini diharapkan dapat lebih meningkatkan kesadaran anak-anak akan kebersihan yang nantinya berimbas pada keluarga mereka masing-masing


  • 09 Januari 2014
  • Oleh: peguyangan
  • Dibaca: 2038 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Anak Agung Gede Agung Dharma Putra,SIP.,MAP

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Kelurahan Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara, bermanfaat bagi Anda?