“Plan Of Action” Rencana Tindakan Untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

  • 09 Januari 2014
  • Oleh: peguyangan
  • Dibaca: 13772 Pengunjung

Survey Mawas Diri (SMD) adalah pengkajian dan observasi mengenai data kependudukan serta masalah kesehatan yang terkait dengan tujuan untuk menemukan masalah kesehatan yang terjadi pada komunitas ataupun keluarga. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 19-22 Desember 2013 setelah acara serah terima mahasiswa STIKes Wira Medika PPNI Bali kepada tokoh masyarakat Lingkungan Pemalukan dalam kegiatan Pertemuan Tingkat Desa (PTD) yang dilaksanakan pada hari Senin, 16 Desember 2013. Data yang telah terkumpul kemudian dihitung dalam proses tabulasi dan diolah dalam bentuk grafik dan persentase. Selanjutnya data yang telah diolah akan disajikan dan dibahas bersama masyarakat Lingkungan Pemalukan dalam kegiatan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD). Agar penyajian data lebih menarik dan mudah dipahami, data disajikan dalam bentuk diagram lingkaran.

Hasil musyawarah bersama tokoh masyarakat, masyarakat Lingkungan Pemalukan serta Kepala Puskesmas III Denpasar Utara dan perkawilan petugas Puskesmas Pembantu Peguyangan dalam MMD menghasilkan 4 masalah kesehatan komunitas yang terjadi pada masyarakat di Lingkungan Pemalukan dengan urutan prioritas sebagai berikut:

  1. Ketidakefektifan pemeliharaan lingkungan
  2. Risiko penurunan derajat kesehatan masyarakat berhubungan dengan kurangnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS);
  3. Potensial peningkatan kesehatan pada ibu hamil Lingkungan Pemalukan
  4. Risiko penurunan derajat kesehatan lansia Lingkungan  Pemalukan.

 

Untuk mengatasi masalah kesehatan tersebut maka dibentuk Kelompok Program Kerja (Pogja) untuk masing-masing masalah kesehatan yang telah ditetapkan. Kelompok Program Kerja (Pogja) pertama adalah Pogja Kesehatan Lingkungan yang dibentuk untuk mengatasi masalah ketidakefektifan pemeliharaan lingkungan di Lingkungan Pemalukan. Tujuan Pogja ini secara umum adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pemeliharaan lingkungan sekitarnya dan meningkatkan kebersihan Lingkungan Pemalukan. Sedangkan tujuan yang lebih mengkhusus adalah agar masyarakat Lingkungan Pemalukan mampu menjaga kebersihan di Lingkungan Pemalukan, pengetahuan masyarakat Lingkungan Pemalukan tentang penyakit-penyakit yang berkaitan dengan lingkungan seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) meningkat serta masyarakat di Lingkungan Pemalukan ikut berperan aktif daalam menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungannya dengan mengikuti kegiatan kerja bakti yang diadakan di Lingkungan Pemalukan. Adapun beberapa rencana kegiatan dari Pogja ini adalah: kerja bakti mahasiswa bersama masyarakat membersihkan Lingkungan Pemalukan, pengadaan TOGA (Tanaman Obat Keluarga), penyuluhan tentang kesehatan lingkungan dan syarat rumah sehat pada masyarakat banjar Pemalukan Kelurahan Peguyangan dengan topik: pengolahan sampah, kebersihan tempat penampungan air, pengolahan barang bekas, pemeliharaan kebersihan kandang peliharaan, penyuluhan tentang penyakit yang berkaitan dengan lingkungan yaitu Demam Berdarah Dengue (DBD) serta pengadaan tempat sampah organik dan non organik pada Balai banjar dan tempat suci.

Pogja kedua adalah Pogja Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dibentuk untuk masalah kesehatan risiko penurunan derajat kesehatan masyarakat berhubungan dengan kurangnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Tujuan dari Pogja ini secara umum adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan remaja di Lingkungan Pemalukan tentang kesehatan secara umum. Adapun tujuan khusus dari Pogja ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat dan remaja tentang PHBS, meningkatkan pengetahuan masyarakat dan remaja tentang HIV/AIDS, narkoba dan merokok, meningkatkan pengetahuan siswa SD 11 Peguyangan tentang cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar serta meningkatkan derajat kesehatan masyarakat menuju derajat kesehatan optimal untuk mengurangi angka kesakitan dan kematian. Adapun beberapa rencana kegiatan dari Pogja ini adalah: penyuluhan kesehatan tentang : PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) keluarga dengan topik garam beryodium, penyuluhan kesehatan tentang PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di sekolah dengan topik: cara mencuci tangan dan menggosok gigi yang benar, penyegaran kader posyandu balita, penyuluhan ASI eksklusif dan gizi seimbang untuk para orang tua yang memiliki bayi dan balita, penyuluhan kesehatan untuk remaja mengenai: HIV/AIDS, Narkoba dan merokok.

Kelompok Program Kerja (Pogja) berikutnya adalah Pogja Ibu Hamil yang dibentuk untuk mengatasi masalah kesehatan potensial peningkatan kesehatan pada ibu hamil Lingkungan Pemalukan. Tujuan dari Pogja ini secara umum adalah untuk mengoptimalkan peningkatan kesehatan ibu hamil di Lingkungan Pemalukan dan tujuan khususnya adalah untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil mengenai perawatan payudara, meningkatkan pengetahuan ibu hamil mengenai tanda dan bahaya kehamilan serta meningkatkan pengetahuan ibu hamil mengenai senam hamil dengan harapan para ibu hamil dapat menjalani proses kehamilan tanpa adanya gangguan kesehatan dan dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk menghadapi proses persalinan dan menyusui. Adapun rencana kegiatan dari Pogja ini adalah: Penyuluhan kesehatan tentang : tanda dan bahaya kehamilan, senam hamil dan perawatan payu dara (breast care).

Kelompok Program Kerja (Pogja) terakhir adalah Pogja Lansia yang dibentuk untuk mengatasi masalah risiko penurunan derajat kesehatan lansia dimana tujuan Pogja ini secara umum adalah untuk meningkatkan derajat kesehatan lansia dengan tujuan khusus masyarakat Lingkungan Pemalukan mampu memberikan perawatan pada lansia serta seluruh lansia di Lingkungan Pemalukan aktif dalam mengikuti kegiatan Posyandu Lansia di Banjar Pemalukan. Rencana kegiatan Pogja Lansia antara lain: mengaktifkan kembali kader posyandu lansia Lingkungan Pemalukan, melaksanaan Posyandu Lansia dengan kegiatan : pemeriksaan kesehatan lansia dan senam lansiaserta penyuluhan kesehatan tentang penatalaksanaan nyeri osteoarthritis dan diit sehat penderita hipertensi.

Seluruh rencana kegiatan ini akan dilakukan mulai tanggal 03sampai dengan 20 Januari 2014. Diharapkan pada akhir kegiatan mahasiswa mampu melaksanakan empowering (pemberdayaan) pada masyarakat di Lingkungan Pemalukan sehingga masyarakat mampu meningkatkan derajat kesehatan menuju derajat kesehatan optimal secara mandiri dengan memanfaatkan sumber daya yang ada disekitarnya.


  • 09 Januari 2014
  • Oleh: peguyangan
  • Dibaca: 13772 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Anak Agung Gede Agung Dharma Putra,SIP.,MAP

Apakah Informasi yang tersaji pada Website Kelurahan Peguyangan Kecamatan Denpasar Utara, bermanfaat bagi Anda?